Review Liburan ke Bandung (1)

2 Feb 2014

Libur Imlek tahun ini, aku dan misua jalan-jalan ke Bandung. Mainstream banget ya, hehehehe….tapi bukan tentang liburannya yang mau diceritain, tapi mau kasih testimoni tentang situs reservasi hotel, hotel yang kami tempati, jasa travel yang antar jemput, serta jasa rental motor.

Oke, aku mulai dari layanan jasa reservasi hotel online.

1. Klikhotel.com

Sekitar 2 minggu sebelum berangkat ke Bandung, kami melakukan pemesanan voucher hotel. Jujur baru pertama kali ini kami menggunakan jasa situs online untuk melakukan reservasi hotel. Harga yang ditawarkan untuk hotel (kami memilih The Valley Resort Hotel), cukup menggiurkan. Awalnya agak ragu, takut kena tipu. Maklum sekarang ini kan banyak penipuan melalui internet. Kami cari-cari review tentang situs yang satu ini. Puji Tuhan, aku menemukan salah satu blog yang mereview situs ini. Setelah membaca review-nya yang positif, kami menjadi lebih yakin untuk menggunakan jasa Klikhotel.

Setelah melakukan pemesanan voucher hotel melalui situs Klikhotel, tak perlu menunggu waktu lama (hanya hitungan menit), kami langsung menerima sms dan email konfirmasi untuk melakukan pembayaran dengan tenggat waktu 8 jam setelah email konfirmasi order diterima. Tanpa babibu, kami langsung melakukan pembayaran melalui klikbca. Satu jam kemudian, kami mendapat email voucher pemesanan. Beres, urusan reservasi hotel selesai. Mudah tanpa ribet.

2. MPX Travel

Setelah urusan reservasi hotel beres, kami cari agen travel buat antar jemput (Bogor-Bandung). Setelah ubek-ubek internet, akhirnya kami nemu travel yang cocok, yaitu MPX Travel. Sebenarnya ada banyak agen travel yang melayani rute Bogor-Bandung dan sebaliknya. Tapi pilihan jatuh ke MPX karena kami tertarik dengan fasilitas antar-jemputnya (door to door), jadi kami tidak harus repot ke pool. Selain itu, MPX yang menggunakan armada Toyota Vios ini hanya melayani 3 orang penumpang sekali jalan, jadi kami tidak harus ‘tua’ di jalan karena harus mengantar banyak penumpang satu per satu ke tempat tujuan masing-masing :)

Kami memesan travel untuk keberangkatan pk 09.00 wib dan dijemput sekira pk 09.40, karena sopir harus menjemput penumpang lainnya terlebih dulu. Untuk menghindari kemacetan, driver menawarkan untuk melalui jalur puncak, karena jalan tol Cipularang km 72 ambles. Kami sepakat. Ternyata sesampainya di Gadog, driver mendapat info dari rekannya, kalau terjadi longsor di Ciloto. Alhasil kami pun putar balik dan lewat tol Cipularang. Selama perjalanan kami merasa nyaman, karena driver tidak ugal-ugalan saat berkendara. Namun, kami agak bingung dengan tarif yang dikenakan. Di situsnya tertulis, tarif untuk satu orang penumpang dari Bandung ke Bogor adalah Rp125.000 plus tarif tol Rp25.000 (tarif tol Rp75.000 dibagi 3 orang) serta kemungkinan overcharge untuk beberapa area tertentu di Bogor dan Bandung. Kami memperkirakan tarif yang harus dibayar adalah Rp 330.000. Namun, ternyata kami harus membayar Rp340.000. Setelah menurunkan kami, driver masih meminta ongkos tambahan Rp 10.000 sebagai biaya overcharge.

Kami juga memesan travel MPX untuk pulang ke Bogor dan minta dijemput pk 12.00 wib. Kami dijemput sekira pk 12.30 wib karena driver mengaku agak kesulitan menemukan lokasi hotel. Kali ini penumpangnya hanya kami berdua. Tarif yang harus kami bayar adalah Rp355.000 (2x Rp125 rb + overcharge Rp30.000 + tol Rp 75000), karena biaya tol hanya ditanggung berdua.

Layanan travel MPX, kami nilai cukup memuaskan dan responsif. Namun, lain kali, kami harus meminta kejelasan tarif saat melakukan pemesanan travel.

3. The Valley Resort Hotel

Hotel yang satu ini patut mendapat acungan jempol, karena oke banget. Antara review di situsnya dengan fakta sesuai, sehingga kami tidak kecele. Lokasi hotel ini agak ngumpet jadi kami sempat muter-muter dulu dan tanya orang. Resepsionisnya ramah. Setelah nunjukin voucher dari Klikhotel, kami langsung diantar ke kamar. Tipe kamar yang kami tempati adalah deluxe room dengan king size bed, aku pribadi kurang sreg dengan warna bantal dan bed cover-nya, karena warnanya krem butek ngga jelas, jadi terkesan agak dekil. Kayanya lebih kelihatan bersih kalau warnanya putih, jadi lebih kinclong gitu, hehehe…selera pribadi.

Fasilitas di dalam kamar standar kamar hotel pada umumnya, seperti televisi dengan channel lokal dan beberapa channel luar (sekadar info, The Valley punya channel sendiri, isinya tentang fasilitas hotel), lemari kayu (agak jadul) dengan brankas penyimpanan, dan mini bar. Untuk kamar mandi, letaknya di bawah, sehingga kalau mau ke kamar mandi kita harus menuruni tangga (ini yang bikin males, hehehe). Fasilitas kamar mandi juga seperti hotel pada umumnya, shower (tidak ada bathub), toiletries, dan hair dryer.

Kalau fasilitas kamarnya standar, lalu apanya yang patut diacungi jempol? Yang bikin istimewa adalah adanya balkon yang dilengkapi dengan meja kursi. Jadi kita bisa duduk santai di balkon kamar sambil melihat pemandangan Bandung yang wow, terutama malam hari, waktu lampu-lampu menyala. Pemandangannya keren!

Bersambung….


TAGS Bandung jalan-jalan travel rental motor klikhotel hotel the valley kamar hotel MPX travel reservasi online the valley resort hotel libur liburan imlek reservasi hotel


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post