• 27

    Sep

    'Ngidam' Rebung

    sayur rebung Sudah berminggu-minggu aku pengen makan sayur rebung alias bambu muda. Saking pengennya sampai kaya orang ngidam. Maklum, wong ndeso, jadi lidahnya kangen dengan makanan-makanan ndeso, seperti rebung. Tiap kali Mba Nani ke pasar, pasti aku pesen, jangan lupa beli rebung kalau ada yang jual. Berhari-hari Mba Nani berburu rebung, tapi hasilnya nihil. Hingga kemarin pagi, Mba Nani pulang dengan menenteng rebung. “Mba, saya dapet rebung nih. Muter-muter pasar, akhirnya nemu. Cuma satu-satunya lho mba yang jual rebung,” kata Mba Nani melaporkan hasil perburuannya dengan nada bangga. “Wuih….akhirnya nemu juga ya mba. Kesampaian nih makan sayur rebung. Tolong simpan kulkas dulu ya Mba,” kataku. Sudah terbayang kelezatan sayur rebung yang kriuk-kr
  • 26

    Mar

    Makanan 'Aneh'

    “Apaan tuh, Rie?,” tanya seorang teman sambil mengerutkan dahi, saat kami sedang berbelanja di sebuah supermarket. “Genjer buat tumis,” jawabku singkat. Lain waktu, kami kembali berbelanja bersama. Kali ini aku mengambil kecipir di deretan sayur-sayuran. “Itu dimasak apa, Rie?” tanyanya lagi. “Kecipir mau dimasak pecel. Enak lho, murah lagi!” jawabku udah kaya berpromosi. Ketika melihatku meraih daun kucai, lagi-lagi dia kepo. “Emang enak apa, Rie?” “Ini makanya mau dicoba, hehehe…” sahutku asal. Satu lagi makanan yang menurut teman-temanku rasanya aneh plus uaseeem (saking asemnya), tapi justru aku menikmatinya adalah buah kemang. Ya…memang aku suka mencoba-coba makanan yang belum pernah kumakan,
  • 13

    Nov

    Nikmatnya Gurame Saus Mangga

    Tidak berlebihan rasanya kalau daerah Margonda Raya kita sebut sebagai salah satu surga kulinernya Depok. Sepanjang jalan berderet tempat makan-tempat makan yang akan memanjakan lidah para pencinta kuliner. Mau jajanan lokal seperti soto, sate, mi, bebek, masakan sunda atau mau masakan yang kebule-bulean seperti steak, BBQ, burger semua ada. Belum lagi jajanan-jajanan ‘iseng’ macam serabi, bakso, mi ayam, komplet ada di Margonda. Saking banyaknya pilihan tempat makan, kadang sampai bingung mau makan apa dan dimana. Seperti Jumat (9/11) kemarin, habis jalan-jalan sama pacar di Margo City, bingung mau makan dimana. Padahal kalau dipikir-pikir, di mall Margo City sebenarnya juga banyak pilihan tempat makan. Awalnya mau makan di rumah makan ayam tulang lunak Hayam Wuruk. Begitu
  • 29

    Oct

    Bakso Kaget

    Pulang dari RS Panti Rini habis jagain babe, perut keroncongan. Awalnya mau mengisi perut di Laris, warung langganan jaman kuliah di Yogya dulu, sayangnya tutup. Akhirnya mampir di warung bakso di daerah Nologaten, namanya Depot Ratu Sari. Waktu masih kuliah (hingga akhir tahun 2008), setauku warung ini belum ada. Jadi ini kunjungan perdanaku. Menu yang menjadi andalan di warung ini adalah bakso kaget dan bakso klenger. Menu yang lain sih standar, misalnya bakso urat, bakso rusuk, mi ayam, dan mi ayam bakso. Hmmm….enaknya makan bakso apa ya? Jadi bingung sendiri. Penasaran dengan menu ‘bakso kaget’ akhirnya aku tanya ke salah seorang pramusaji. Menurut si mas pramusaji, bakso kaget itu adalah bakso yang dilengkapi dengan sumsum. Kalau bakso klenger adalah bakso dengan u
  • 27

    Apr

    Kenalan dengan Buah Kemang

    buah kemang Sudah pernah makan buah kemang? saya baru sekali mencicipinya. Dulu saya tidak tahu kalau ada buah yang namanya kemang. Saya cuma tahu kalau kemang itu nama salah satu tempat di Jakarta. Perkenalan saya dengan buah kemang ini terjadi secara tidak sengaja. Waktu itu saya sedang berjalan menyusuri deretan rak buah-buahan di sebuah supermarket (tempat favorit kalau lagi ke supermarket). Persis di sebelah keranjang kedondong, saya melihat buah asing menyerupai kedondong matang berukuran jumbo. Spontan saya bertanya kepada pramuniaga yang sedang menimbang buah. “Ini buah apa mba?” “Buah kemang” “Rasanya apa?” “Asem” Wah setelah mendengar jawaban itu, tanpa ragu, saya masukkan buah kemang dalam keranjang belanjaan. Maklum, saya
  • 8

    Feb

    Si Asam Pedas Palumara

    Seperti biasa, kalau hari libur, kerjaanku berkutat di dapur. Kali ini aku mencoba memasak palumara, masakan berkuah dengan bahan dasar ikan. Ini merupakan kali pertama aku memasak palumara. Aku baru sekali mencicipi masakan bercitarasa asam pedas tersebut, yakni waktu liputan ke Makassar beberapa waktu lalu dan langsung jatuh cinta dengan rasanya. Pagi-pagi dengan semangat 45 aku melenggang ke pasar. Kondisi jalanan pasar yang becek tidak menyurutkan niatku untuk berburu kepala kakap (wuih dramatis ya :p ). Hampir setiap penjual ikan kusambangi, namun olala ternyata mereka tidak menjual kepala kakap. ‘Mahal neng kepala kakap, adanya ikan-ikan ini. Beli tongkol saja,” ujar salah seorang ibu penjual ikan. Yahhhh….kok ikan tongkol. Aku hampir tergoda membeli kepiting gar
  • 30

    Jan

    Oseng Jantung Pisang Ikan Cue

    oseng jantung pisang Akhir-akhir ini aku lagi suka nyobain masak sayur yang belum pernah aku makan. Salah satunya adalah sayur jantung pisang. Awalnya karena penasaran saja sih, ingin tahu rasa sayur jantung pisang itu seperti apa. Waktu aku tanya ke kakakku, katanya sepet-sepet pahit rasanya. Beda lagi testimoni dari teman kantorku, katanya enak kalau dimasak dengan nasi liwet, bisa habis banyak makannya. Nah, daripada penasaran, akhirnya aku putusin untuk mencoba memasak jantung pisang. Bermodal uang Rp1.500 aku sudah bisa menenteng pulang jantung pisang. Sebelum dimasak, jantung pisang itu kukupas kelopak luarnya yang berwarna merah, hingga tampak lapisan yang berwarna putih. Setelah itu, aku belah memanjang menjadi dua, iris-iris, lalu cuci, dan remas-remas dengan garam supaya g
  • 4

    Jan

    Sedapnya Tumis Genjer

    tumis genjer saus tiram Setiap hari Senin, saat jam istirahat, aku menyempatkan diri untuk mlipir berbelanja ke supermarket di dekat kantor. Seperti biasa, dengan berbekal catatan barang-barang yang harus dibeli, aku menyusuri rak-rak bahan makanan. Kali ini aku harus menelan kekecewaan karena sayap ayam dan beberapa sayuran yang aku cari ternyata kosong. Hmmmm….jadi bingung mau masak apa Tiba-tiba mataku tertumbuk pada beberapa ikat genjer di rak sayuran. Daunnya lebar-lebar dan tampak segar. Wah kayanya cocok nih buat menu makan malam. Alhasil, seikat genjer berpindah ke keranjang belanjaanku. Malamnya, setelah disiangi dan dicuci, genjer itu kutumis. Proses memasaknya sangat sederhana dan cepat. Bahan Seikat genjer, siangi, cuci, potong 2 1/2 buah tomat merah, potong-po
  • 9

    Aug

    Tekwan Nyam..Nyam...

    tekwan Akhir-akhir ini cuaca tak menentu, imbasnya stamina saya ngedrop. Hidung meler, badan panas dingin (ga konsisten ya :p). Hmmm kayanya paling pas klo makan yang anget-anget berkuah nih. Pilihan pun jatuh pada tekwan, makanan khas dari Palembang. Selain empek-empek, Palembang memang juga tersohor dengan tekwan, yakni jajanan yang terbuat dari campuran ikan dan sagu dengan kuah kaldu udang. Bumbu dan proses membuatnya cukup simpel. Bakso Ikan 250 gram daging ikan tenggiri 1/2 sdt merica 125 gram tepung sagu 1 sdt garam 1 putih telur 100 cc air Kuah 250 gram udang 1 liter air untuk kaldu 3 sdm minyak utk menumis Haluskan 5 siung bawang putih 2 sdt garam 1 sdt merica 1 buah bengkuang, potong korek api jamur kuping, rendam air panas 15 menit, potong-potong 2
  • 28

    Jun

    Asam Pedas Tom Yam Bikin Lidah Bergoyang

    tom yam Tom Yam adalah salah satu makanan favoritku. Biasanya aku membelinya di rumah makan. Kali ini aku penasaran ingin mencoba memasak Tom Yam sendiri. Berbekal bahan yang ada, aku pun segera beraksi di dapur (weittssss….) Bahan 250 gram udang (sebenernya lebih mantap kalau udangnya gede2, berhubung yang tersedia adiknya udang, alias udang yang tidak terlalu besar, akhirnya pakai yang ada saja) 3 sdm minyak goreng Haluskan 8 buah cabai rawit merah 3 siung bawang putih 2 sdt garam 2 cm lengkuas, memarkan 2 batang serai, memarkan 2 cm jahe 3 lembar daun jeruk, iris-iris 3 batang daun ketumbar, beserta akarnya* 100 gram tomat hijau, potong-potong, buang bijinya 200 gram ayam, rebus, potong dadu 700 ml kaldu ayam (hasil rebusan ayam) 1 sdm kecap ikan 2 buah j
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post