• 20

    Jul

    Hamil & Kram

    Selama hamil, beberapa kali aku mengalami kram kaki. Biasanya terjadi di malam atau dini hari saat aku terlelap tidur. Rasanya? Wow jangan tanya, pastinya nyeri nyut-nyutan. Betis kaku susah digerakin. Dulu pertama kali mengalami kram di trimester kedua, waktu usia kehamilan 5 bulan. Malam-malam, lagi enak-enaknya tidur, tiba-tiba betisku terasa kaku banget. Langsung deh bangunin misua.  “Kenapa?” tanya misua kaget campur cemas waktu ngliat aku nunjuk-nunjuk kaki sambil meringis kesakitan.  Buru-buru dia pegang kakiku.  “Wadohh, sakitttt! Kakiku sakit ngga bisa digerakin,” kataku hampir menangis.  “Coba dilurusin pelan-pelan,” kata misua sambil mengusap-usap kakiku dengan minyak kayu putih. “Ngga bisa, kaku banget,” katak
  • 13

    Jul

    Cermat Membeli Obat

    Pulang kontrol dari RSIA Melania, dr Haryanto meresepkan Natavit (suplemen untuk ibu hamil yang mengandung AA, DHA, dan asam folat) yang bisa ditebus di apotek kalau vitamin sebelumnya sudah habis. Beberapa hari kemudian, aku minta tolong Lius, anaknya Mba Nani–mba yang mbantuin di rumah– untuk menebus resep di apotek. Waktu Lius pulang dari apotek, aku sedang pergi, jadi obat baru aku cek keesokan harinya. Sekilas melihat kemasan Natavit yang dibeli Lius, rasanya janggal. Biasanya Natavit yang aku beli bentuknya kapsul lunak yang dikemas dalam botol, tapi kali ini kok bentuknya tablet dalam kemasan strip/blister (aku ngga begitu paham nama kemasannya). Hmm….apa ini vitamin yang sama tapi dalam bentuk yang berbeda ya, batinku waktu itu. Penasaran, aku cermati obat i
  • 7

    Jul

    7 Bulanan

    Puji Tuhan, usia kehamilanku sudah menginjak 7 bulan. Si Dedek sudah semakin aktif menendang-nendang. Rasanya campur-campur, antara senang dan terharu. Kadang, perut terasa agak keras dan kencang kalau kecapekan. Pernah juga, ngilu di perut bagian bawah. Tapi kata dokter, itu wajar karena Dedek sudah bertambah besar sehingga makin aktif jumpalitan dan nendang-nendang. Masih sering ngga percaya ada kehidupan di dalam rahimku. Luar biasa banget rasanya.  Sabtu kemarin, kami mengadakan acara doa bersama dalam rangka 7 bulanan atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan ‘mitoni’. Tujuannya untuk mendoakan keselamatan calon ibu dan bayi dalam kandungan. Beberapa minggu sebelum acara 7 bulanan, aku udah mulai kepikiran tentang menu yang mesti disiapin. Hihihihi…naluri
  • 28

    May

    Kala Bumil Flu

    Buatku, terkena flu itu rasanya ngga enak banget. Biasanya flu diawali dengan gejala sakit tenggorokan, sakit kepala, dan badan rasanya meriang. Tidur ngga enak, karena hidung tersumbat, mau makan, eh kerongkongan rasanya sakit buat nelen. Walaupun merasa ‘tersiksa’ karena sakit flu, aku termasuk orang yang anti minum obat flu. Mungkin karena dari kecil, ibuku tidak pernah membiasakan kami anak-anaknya mengonsumsi obat-obatan kimia. Biasanya kami hanya pakai minyak angin, istirahat cukup, dan makan makanan bergizi untuk memulihkan stamina. Nah, waktu hamil, aku sudah berusaha menjaga kondisi badan supaya tetap fit, eh tapi tetap saja kena flu. Awalnya tenggorokan terasa perih, apalagi kalau buat nelen. Bergelas-gelas air kuminum supaya tidak jadi terserang flu. Mulai dari air
  • 27

    Apr

    Wiraswasta KPR? Bisa Banget

    Puji Tuhan, akhirnya mimpi kami untuk memiliki sebuah rumah terwujud. Walaupun berukuran mungil, tapi rasanya seneng banget bisa memiliki rumah dari hasil jerih payah sendiri. Memang benar, kondisi ‘kepepet’ memang bisa memaksa seseorang untuk mengambil suatu tindakan. Ini sudah kami buktikan. Karena ‘kepepet’ membutuhkan tempat tinggal lantaran sebentar lagi akan ketambahan anggota keluarga baru, akhirnya kami memberanikan diri untuk membeli sebuah rumah. Setelah memantapkan hati untuk membeli rumah, kami mulai mencari informasi tentang perumahan-perumahan di sekitar tempat usaha, baik lewat internet maupun datang langsung ke lokasi. Ada beberapa kriteria yang kami buat sebagai acuan dalam mencari rumah. Dekat dengan tempat usaha Ini menjadi syarat utama,
  • 6

    Mar

    Ngidam

      hamil (swparenting) Sepertinya ngidam dan hamil adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Selayaknya wanita hamil lainnya, aku juga mengalami masa-masa ngidam alias menginginkan suatu makanan tertentu. Ngga tahu sih, itu beneran keinginan dedek di perut atau semata-mata keinginanku sendiri. Yang jelas, rasanya pengen banget. Untungnya masih dalam taraf wajar alias tidak yang aneh-aneh. Ada beberapa jenis makanan yang membuat aku benar-benar ngiler dan seakan-akan harus aku santap. 1. Jambu air Pada dasarnya, walaupun sedang tidak hamil, aku adalah penggila buah. Semua buah aku doyan. Nah, kali ini waktu lagi hamil, aku pengen banget makan jambu air. Membayangkan buah jambu berwarna merah atau hijau kemerah-merahan membuat aku menelan ludah. Kayanya seger banget kalau makan bua
  • 31

    Jul

    Nyamuk

    Aku lagi musuhan banget nih sama nyamuk. Suaranya yang ngang..nging…ngang..nging bikin senewen. Apalagi kalau badan, terutama kaki dan tangan sudah bentol gegara digigit eh dihisap darahnya sama nyamuk, wuih makin jengkel rasanya. Duduk jadi ngga santai, tidur pun ngga nyenyak, jadi serba salah. Padahal rumah setiap hari disapu dan dipel, tetap saja si nyamuk berkeliaran. Yang bikin tambah senewen, pernah lagi asyik nonton TV dengan misua, aku sibuk plak-plok nabokin misua nyamuk, kaki udah bentol sana-sini, eh misua anteng saja nonton TV. “Yang, kamu ngga digigit nyamuk?” tanyaku sambil sibuk garuk-garuk badan kaya monyet. “Engga tuh, emang kamu digigit nyamuk?” jawabnya santai. “Ya ampun Yang, lihat dong, nih di dengkul aja udah ada berapa gigitan.
  • 24

    Jan

    Bikers 'Edan'

    Kemarin, waktu berangkat kerja, seperti biasa aku melewati jalan Tole Iskandar, Depok. Gerimis yang mengguyur, padatnya kendaraan, ditambah dengan kondisi jalanan yang wueleekkk (saking jeleknya), membuat arus lalu lintas lumayan tersendat. Tiba-tiba, terdengar suara klakson yang dipencet dengan penuh semangat. Kulirik kaca spion, rupanya sumber keberisikan itu berasal dari belakangku, yakni seorang bapak-bapak pengendara motor yang tampak tidak sabaran. Padahal saat itu, kendaraan-kendaraan di depanku memang sedang berhenti, alhasil laju motorku pun terhenti. Satu-satunya pilihan untuk bisa terus jalan adalah naik ke trotoar di sisi kiriku. “Woii…maju, hoooo cewek naik motor!” teriak si bikers dengan galak dan terkesan merendahkan. Dari gerak-geriknya, dia memintaku un
  • 15

    Nov

    Tes TORCH

    tes darah (uabnews) Sekitar 40 hari pasca kuret, bertepatan dengan periode menstruasi, aku kembali periksa ke dokter. Agak bingung juga kenapa mesti kontrol saat menstruasi. Aku izin pulang cepet dari kantor, mesti buru-buru soalnya hari itu mesti ‘ngejar’ dr. Har yg praktik di RS Family Medical Center (FMC) Bogor. Siangnya Putro udah telepon rumah sakit untuk memastikan kalau dr Har praktik. Kebetulan sore itu hujan deres. Begitu sampai di sana, ternyata hari itu dr Har ngga praktik. Disaranin balik lagi besok paginya jam 08.00. Waduh, padahal jam 09.00, ada janji mau ketemu penulis. Pilihan lainnya, kontrol ke RS Bina Husada, karena besok sore dr Har praktik di sana. Akhirnya kita milih alternatif yang kedua. Rasa penasaranku terjawab, ternyata alasan dr Har memintaku u
  • 4

    Oct

    Kado itu Hilang.....

    “Pa, mau kado apa buat ulang tahun nanti,” tanya kami berkali-kali ke Papa mertua yang berulang tahun pada tanggal 12 Agustus. Jawaban yang dilontarkan Papa selalu sama. Engga, lagi ngga pengen apa-apa. Setelah didesak dengan pertanyaan sama berulangkali, akhirnya Papa jawab mau kado buku saja, ambil dari toko. Ya sudah, simpel. Walaupun Papa bilang lagi ngga pengen kado apa-apa, rasanya pengen deh sesekali kasih kado spesial buat Papa. Mungkin Tuhan juga ingin memberikan kado istimewa buat Papa di ulang tahun kali ini. Bersamaan dengan hari ulang tahun Papa, ternyata aku positif hamil. Waktu kami kasih tahu Papa kalau aku hamil, Papa terlihat sangat senang. “Arie, jangan jemurin baju atau ngranggeh-ngranggeh (meraih sesuatu di tempat tinggi), jangan makan daun pepa
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post